Selamat Datang di Website Desa Pematang Rahim

Artikel

BMKG / Staklim Jambi : Januari - Maret 2020, Waspadai Curah Hujan Ekstrim

01 Januari 2020 10:21:04  ABDUL KADIR SIP  660 Kali Dibaca  Berita Desa

BMKG / Staklim Jambi : Januari - Maret 2020, Waspadai Curah Hujan Ekstrim

[KBR|Warita Desa] Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, curah hujan dengan intensitas ekstrem pada 2020 akan terus semakin meningkat. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, curah hujan diperkirakan akan meningkat mulai dari Januari hingga Maret.

"(Hujan ekstrem) Masih mungkin terjadi. Kami sampaikan ini belum puncaknya. Jadi puncaknya di Jawa termasuk Jakarta itu semakin meningkat bulan Januari, Februari, Maret, itu baru mencapai puncaknya. Sehingga tentang ekstrem tentunya kalau semakin puncak semakin juga akan sering terjadi," ujar Dwikorita Karnawati usai acara "Refleksi Bencana Tahun 2019 dan Proyeksi Bencana 2020" di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (30/12/2019).

Dwikorita menambahkan, meskipun intensitas hujan ekstrem itu terjadi tiga bulan berturut-turut, namun kejadian itu tidak terjadi serempak di seluruh wilayah Indonesia. "Ini tidak serempak di seluruh Indonesia, jadi secara bertahap. Curah hujan mulai tinggi dibulan Januari sampai Maret terutama di bagian Selatan pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan bagian Tengah, Sulawesi dan Papua," katanya.

Selain itu, Dwikorita mengatakan, berdasarkan prediksi BMKG curah hujan bulanan sepanjang 2020 cenderung sama dengan pola normal klimatologinya dan dipastikan tidak ada anomali. Menurutnya, pola yang terjadi cenderung seperti curah hujan rata-rata 30 tahun terakhir.

Karena awal musim hujan dimulai pada November 2019 kemarin, Dwikorita menyatakan, hingga menjelang tahun baru nanti diprediksi akan terjadi hujan. "Artinya sampai tahun baru nanti masih hujan," pungkasnya.

Oleh : Heru Haetami
Editor: Fadli Gaper
Redaktur : Abdul Kadir

Berdasarkan Laporan dari Petugas Pengukur curah Hujan Pos Kecamatan Mendahara Ulu selama 3 Dasarian di Bulan Desember 2019, Curah Hujan : 246 MM dan Hari Hujan : 9 Hari. 

Informasi dari Stasiun Klimatologi Provinsi (STAKLIM) Jambi untuk Provinsi jambi masuk kategori hujan menengah antara :  51 s/d 150 per Dasarian. untuk wilayah Jambi bagian Selatan masuk kategori tinggi, Curah hujan antara : 151 s/d 300 MM per Dasarian. untuk Wilayah jambi bagian Utara , masuk kategori rendah , antara : 0 s/d 50 per Dasarian.

Berikut Analisis curah hujan per Dasarian  dari Staklim Provinsi Jambi :

Baca juga Banjir pada Bulan Februari 2019 : Rakor lintas sektoral penanggulangan Banjir dan Pasca Banjir  

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa