Selamat Datang di Website Desa Pematang Rahim

Artikel

Koordinasi Kader Desa Cerdas dan Dinas PMD Kabupaten Tanjab Timur Mendorong Tranformasi Digital

14 Juni 2024 19:38:27  ABDUL KADIR , S.I P  128 Kali Dibaca  Berita Desa

20 orang Kader Digital Desa Cerdas Kabupaten Tanjung Jabung Timur bertemu dengan Kepala Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa). Pertemuan ini berlangsung di Aula Kantor DPMD Kabupaten di Jalan Ki Hajar Dewantara, Komplek Perkantoran Bukit Benderang Jumat Pagi (14/6/2024).

Perjumpaan ini sebagai bentuk koordinasi dari kader digital yang baru saja merampungkan Bimtek (Bimbingan Teknis). Kegiatan ini diselenggarakan Kementrian Desa, Pemberdayaan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Jakarta satu pekan lalu.

Baca juga : Kemendes RI melalui Duta digital akan berangkatkan 20 Kader Digital Smart Village Kab. Tanjung Jabung Timur ke Jakarta

Para kader desa didampingi oleh empat orang Duta Digital yang mendampingi proses pelaksanaan program desa cerdas (Smart Vilage) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dalam agenda tersebut Mariontoni, Kepala dinas PMD Kabupaten tanjung Jabung Timur menyambut baik kehadiran para pengemban program desa cerdas itu.

Ia mengatakan sejak awal program direncanakan, Pemerintah Kabupaten Tanjab Timur sangat antusias menyambut program pemberdayaan dari Kemendes PDTT.

“Di awal kami malah mengusulkan 40 desa untuk percontohan desa cerdas di Kabupaten tanjung Jabung timur, namun hanya 20 yang baru bisa diakomodir,” katanya.

Program smart village atau desa digital menurut Kepla Dinas PMD adalah pemberdayaan yang sangat strategis. Program ini mendorong pemanfaatan digitalisasi di desa-desa untuk mempercepat kemajuan di desa.

Hajat ini diharapkan mampu menjadi jembatan untuk transformasi desa menuju Era Digital. Menciptakan masyarakat yang inklusi, mampu mengaplikasikan teknologi dalam menunjang sistem pelayanan dan mendorong masyarakat yang cakap dan bijak memanfaatkan akses internet.

Mariontoni berpesan kepada kader digital untuk serius dalam menjalankan agenda kegiatan dan mengedepankan koordinasi yang baik agar program ini bisa berjalan.

“Mudah-mudahan apa yang sudah direncanakan oleh kader desa bisa berjalan dengan baik. Nanti silahkan sampaikan apa yang sudah dilakukan dan sedang dirancang, jika dalam evaluasi berjalan baik kami akan mengajukan supaya ada penambahan kuota pendampingan desa cerdas di Kabupaten Tanjung Jabung Timur,” ujarnya.

Pertemuan yang berlangsung hangat dan diselingi diskusi ini ditutup dengan sesi foto bersama. Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur sendiri Kemendes menetapkan 20 lokus desa cerdas.

Beberapa waktu lalu, para kader digital yang ditunjuk kepala desa juga telah mengikuti Bimtek. Dimana pada kegiatan itu, kader desa dipersiapkan untuk mampu mengaplikasikan program desa digital.

Desa cerdas sendiri adalah konsep pembangunan desa dengan menggunakan pendekatan yang mendorong transformasi teknologi digital. Desa cerdas dirancang sebagai gambaran masa depan desa yang maju.

Mendorong masyarakat desa yang cakap dalam memanfaatkan digital dan masyarakat inklusi (terbuka). Konsep desa cerdas mengusung enam pilar yang meliputi masyarakat cerdas, ekonomi cerdas, lingkungan cerdas, tata kelola cerdas, kehidupan cerdas dan mobilitas cerdas.

Konsep desa cerdas juga mengusung keterlibatan masyarakat dalam pembangunan desa melalui ruang komunitas. Memberi ruang pada pemenuhan hak-hak minoritas. Hak perempuan dan disabilitas serta mendorong pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan mengacu Pada SDGs Desa. (*)

Nugroho - Brumbun
27 Juni 2024 14:27:04
Selamat dan sukses,, hingga Apresiasi yang setinggi - tingginya kepada Rekan Duta dan Kader Digital di kabupaten Tanjung Jabung Timur ... Semoga tetap kompak dan solid dan dapat mengembangkan potensi desa di masing daerah ... Salam persaudaraan dan kebangsaan Lain sesi kita dapat berjumpa kembali

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Peta Desa

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Lintas Muara Sabak RT.05 Dusun Simpang Kiri
Desa : Pematang Rahim
Kecamatan : Mendahara Ulu
Kabupaten : Tanjung Jabung Timur
Kodepos : 36766
Telepon : 08117432444
Email : admin@pematangrahim.desa.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:130
    Kemarin:389
    Total Pengunjung:583.886
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:100.28.0.143
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel

14 Oktober 2019 | 19.256 Kali
SEJARAH KARANG TARUNA NASIONAL
26 Agustus 2016 | 10.122 Kali
SEJARAH SINGKAT DESA PEMATANG RAHIM
29 Juli 2013 | 9.575 Kali
Profil Desa
03 November 2018 | 9.527 Kali
Struktur Aparatur Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 9.444 Kali
Data Desa
01 Mei 2013 | 9.431 Kali
Visi dan Misi Desa Pematang Rahim
24 Juni 2019 | 2.442 Kali
Peran Pemerintah Desa dalam Kegiatan Konvergensi pencegahan Stunting