• Jln. Lintas Muara Sabak RT.05 Dusun Simpang Kiri
  • 08117432444
  • admin@pematangrahim.desa.id
INFO
  • Selamat Datang di Website Desa Pematang Rahim

Suara Kita Tentang Perubahan Iklim (Lomba Blog Perubahan Iklim)

21 Agustus 2020 ABDUL KADIR SIP Berita Desa Dibaca 261 Kali

Suara Kita Tentang Perubahan Iklim

[KBR|Warita Desa] Jakarta | Kerusakan lingkungan hidup di Indonesia semakin hari kian parah. Penyebab terjadinya kerusakan alam dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu akibat peristiwa alam dan akibat ulah manusia.

Kerusakan ini umumnya disebabkan oleh aktifitas manusia yang tidak ramah lingkungan seperti perusakan hutan, pertambangan, pencemaran udara, air, dan tanah. Beberapa pihak menilai bumi mengalami pemulihan di tengah pandemi. Karena wabah Covid-19, sejumlah eksploitasi alam terhenti. Namun ini tidak berjalan lama, perlu dilakukan upaya menjaga lingkungan setiap saat.

Aktivis lingkungan greta thunberg menyatakan bahwa "Sekecil apapun perbuatan kita maka akan mempengaruhi dua hal menyelamatkan bumi atau merusak bumi"

Lantas sudahkah kita semua bergerak menyelamatkan bumi ini dari ancaman kerusakan alam serta perubahan iklim? Dan cerita apa yang sudah kita lakukan agar bumi Indonesia terbebas dari ancaman kerusakan lingkungan?

SEGERA di #RuangPublikKBR serial #PerubahanIKlim, kami ngobrol bareng: 

Pegiat Lingkungan dan Perlindungan Satwa, dan juga seorang Model, @DavinaVeronica yang keluar masuk #hutan demi melindungi orangutan.

Dari Alun Utara Bengkulu, ada Zul Karnedi, yang dulu pemburu telur penyu kini malah berbalik menjadi penyelamat dan pelestari penyu.

Ada juga seorang Blogger yang tinggal di Yogyakarta, @Siti_Hairul yang menggalakkan pemakaian Menstrual Cup dan menyerukan agar kaum perempuan hentikan pemakaian pembalut sekali pakai. Menurutnya, pembalut sekali pakai tidak bisa diolah dan hanya jadi timbunan sampah.

Tak hanya Siti Hairul, blogger lainnya yang juga Ketua Umum Pusat @Ibu Ibu DoyanNulis @Widyanti Yuliandari berbagi cerita bagaimana ia tertarik menuliskan ide-ide soal pelestarian lingkungan di blognya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Yayasan Strategi Konservasi Indonesia, Mubariq Ahmad berbagi dampak soal perubahan iklim. Apa saja dampaknya?

Nah, Anda bisa mendengarkan obrolannya di radio jariangan KBR di nusantara. Di Jakarta via Radio MSTRI 104,2 FM. Streaming KBR.id

Obrolan ini bisa menjadi bahan inspirasi dan memperkaya tulisan Anda dalam Lomba Blog "Perubahan Iklim" edisi 'Cerita Kita Tentang Perubahan Iklim"

Apa cerita Anda tentang perubahan iklim? Apa yang sudah dan sedang Anda lakukan?
Mari tuangkan ke dalam tulisan di lomba blog yang kami hadirkan.

Ketentuan lomba: http://bit.ly/LombaBlogPerubahanIklim

Kami akan memilih 3 (tiga) pemenang per episode untuk mendapatkan hadiah uang tunai
Juara 1 Rp 800.000
Juara 2 Rp 400.000
Juara 3 Rp 300.000

Di akhir babak, ada grand prize untuk menentukan Juara 1, 2 dan 3:
Juara 1: Rp 3.500.000
Juara 2: Rp 2.500.000
Juara 3: Rp 1.500.000

Lomba blog #PerubahanIklimKBR ini didukung Earth Journalism Network dari Internews

Kami tunggu tulisan Anda ya!


Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar