Selamat Datang di Website Desa Pematang Rahim

Artikel

ANTUSIAS JAMAAH MENYAMBUT MALAM NISFU SYA'BAN

24 Februari 2024 22:13:37  MASLAINI  166 Kali Dibaca 

Pematang Rahim 24 Februari 2024 Masehi Bertepatan 15 Sya'ban 1445 Hijriah. Antusias Jamaah dan warga Desa Pematang Rahim memadati Masjid Raudhatul Jannah diawali dengan sholat magrib berjamaah dan di ahiri sholat Isya berjamaah dalam acara tersebut turut hadir Camat Mendahara Ulu, Perangkat dan Lembaga Desa, Para Pegawai syara' tokoh masyarakat dan jamaah. 

Sebagaimana kita ketahui pada malam 15 Sya'ban sebagian umat muslim membaca yasin dan do'a bersama sama sesudah sholat magrib sebanyak tiga kali. 

Membaca Yasin Pertama untuk Umur Panjang. 

Membaca Yasin yang pertama dilakukan untuk mohon umur panjang yang berkah dan ketaatan atau ketakwaan agar dapat istiqomah kepada Allah SWT.

Yasin Kedua untuk Rezeki dan Tolak Bala. 

Membaca Yasin yang kedua bertujuan untuk mohon agar dijauhkan dari mara bahaya dan segala bentuk fitnah. Selain itu, yasin yang kedua ini juga bisa diniatkan untuk mohon keluasan rezeki yang halal dan berkah bagi diri sendiri dan keluarga.

Yasin Ketiga untuk Kaya Hati. 

Membaca Yasin yang ketiga dilakukan untuk mohon kaya hati langsung dari Allah SWT dan tidak meminta-minta kepada selain-Nya. Yasini ini juga diniatkan agar dijauhkan dari perbuatan buruk, seperti iri, dengki, hasud, riya, takabur, dan ujub. Pada pembacaan ketiga ini, umat Islam juga bisa meniatkan untuk mohon ketetapan iman dan Islam serta meninggal dalam keadaan husnul khatimah.

Cara membaca Yasin 3 kali pada malam Nisfu Syaban ini diawali dengan membaca Al Fatihah dan dilanjutkan membaca yasin dengan diniatkan bersama sama ataupun masing-masing. Setelah itu ditutup dengan membaca doa setelah Yasin. Pemimpin yasin perama dipandu oleh Bapak Drs. M. Suandy, kemudian dilanjutkan oleh saudara Ahmad Yani dan yang terahir di pimpin oleh H. Muslimin, sedangkan do'a di pimpin oleh Ustadz Samsir, Marhalim S. Pd.I dan Bapak Muhammad Syukur. 

Selain dibaca pada malam Nisfu Syaban, pembacaan yasin juga dilaksanakan secara rutin setiap malam jum'at di Masjid Raudhatul Jannah, dan bisa juga dibaca pada malam-malam lainnya. 

Disebutkan dalam sebuah hadits yang dinukil Imam Jalaluddin as-Suyuthi dalam kitabnya Al-Itqan fi 'Ulumil Qur'an yang diterjemahkan Muhammad Halabi, Allah SWT akan mengampuni orang yang membaca Yasin pada suatu malam semata karena memperoleh ridho-Nya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, "Barang siapa membaca surah yasin pada suatu malam karena mencari keridhaan Allah Ta'ala maka Dia akan mengampuninya." (HR Ad-Darimi dan ath-Thabrani)

Dalam riwayat lain dikatakan, "surat yasin adalah jantung Al-Qur'an. Tidaklah seseorang membacanya dengan mengharap ridha Allah Ta'ala dan kampung akhirat, kecuali Allah Ta'ala mengampuni dosanya. Bacalah surah Yasin untuk orang-orang yang mati di antara kalian." (HR Abu Dawud, an-Nasa'i, Ibnu Hibban, dan lainnya)

Wallahu a'lam.

#Alan Andeski (Maslaini)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Peta Desa

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Lintas Muara Sabak RT.05 Dusun Simpang Kiri
Desa : Pematang Rahim
Kecamatan : Mendahara Ulu
Kabupaten : Tanjung Jabung Timur
Kodepos : 36766
Telepon : 08117432444
Email : admin@pematangrahim.desa.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.773
    Kemarin:572
    Total Pengunjung:590.848
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.168.147
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

14 Oktober 2019 | 19.607 Kali
SEJARAH KARANG TARUNA NASIONAL
26 Agustus 2016 | 10.165 Kali
SEJARAH SINGKAT DESA PEMATANG RAHIM
29 Juli 2013 | 9.595 Kali
Profil Desa
03 November 2018 | 9.545 Kali
Struktur Aparatur Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 9.462 Kali
Data Desa
01 Mei 2013 | 9.454 Kali
Visi dan Misi Desa Pematang Rahim
24 Juni 2019 | 2.482 Kali
Peran Pemerintah Desa dalam Kegiatan Konvergensi pencegahan Stunting